Thu. Jan 20th, 2022

Akord majemuk juga dikenal sebagai akord garis miring. Gagasan akord majemuk mudah dipahami – itu hanyalah dua akord yang dimainkan bersama, dan paling sering ditampilkan dalam tab atau notasi standar sebagai sekumpulan nada, satu di atas yang lain. Namun, akord majemuk digunakan untuk menciptakan harmoni yang sangat kompleks. Di sini kita melihat cara membuat akord majemuk, dan apa yang harus dilakukan dengannya setelah Anda memilikinya!

Akord slash adalah:

* Pembalikan akor, ditulis dengan chord nama akord terlebih dahulu, diikuti dengan not pertama yang dimainkan. Misalnya, C/E akan menunjukkan inversi pertama dari akord C mayor.

* Akord dengan nada bass yang tidak termasuk dalam akord. Misalnya, akord majemuk C/Ab akan dimainkan dengan C, G dan E serta Ab.

* Dua akord dimainkan bersama, misalnya akord D yang dimainkan di atas akor C pada bass akan dicatat sebagai D/C

Anda akan melihat bahwa dalam semua kasus, huruf pertama biasanya menunjukkan triad, sedangkan huruf kedua adalah nada bass. Terkadang lebih banyak nada dari akord bass dimainkan dalam akord majemuk.

Akord garis miring mungkin terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya mudah dilakukan sendiri. Cukup mainkan akord terbuka, dan tambahkan nada tambahan di bass. Anda mungkin sudah melakukan ini dengan akord C mayor Anda, menahan senar teratas pada fret ketiga untuk membuat C/G.

Anda juga dapat membuat akord majemuk yang mudah dengan menambahkan:

* Fret ketiga, senar atas sambil menahan akord Dm untuk membuat Dm/G

* Memetik kunci E mayor dari senar kelima sebagai ganti senar teratas, secara efektif mengubah nada bass untuk membuat E/C#

* Fret ketiga, senar kelima sambil menahan akord F terbuka untuk membuat F/D

Akord slash digunakan untuk menciptakan harmoni yang kompleks. Jika harmoni Anda menjadi terlalu rumit dengan menggunakan ekstensi tradisional, Anda dapat menggunakan akord majemuk untuk mempertahankan warnanya, sambil menyederhanakan permainannya.

Akord slash dalam jazz adalah kejadian umum. Musisi jazz mencoba menciptakan musik dengan berbagai tingkat konsonan dan disonansi, sering kali menggunakan akord majemuk tanpa struktur interval yang mendasarinya. Musik ini memiliki aliran yang aneh dan indah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *